Kepala Dinas Sosial P3AKB : Apresiasi Penyusunan PerDes Desa Layak Anak Suco Lor 

  • Nov 21, 2023
  • Tim KIM

 

BONDOWOSO,-Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB), Anisatul Hamidah,  Apresiasi Pemerintah Desa Suco Lor perihal penyusunan PerDes Desa Layak Anak guna memberikan payung hukum untuk perlindungan anak dan perempuan.(Selasa, 21/11/23). 

Anis, sapaan akrabnya mengatakan Desa Suco Lor merupakan Desa Pertama di Kabupaten Bondowoso yang menyusun Peraturan Desa tentang perlindungan anak dan perempuan. Meskipun terbilang Desa terpencil dan berada di dataran tinggi.

"Meskipun letak geografis Desa berada pegunungan dan dataran tinggi bahkan perbatasan dengan Kabupaten Jember, akan tetapi menjadi desa yang pertama penyusunan PerDes Desa Layak Anak." Tutur Buk Anis sapaan akrabnya.

Anis juga menyampaikan harapannya terhadap komunitas Forum Anak Desa(FAD) kedepannya dapat menjadi wadah pengembangan potensi Desa.

"Saya berharap FAD menjadi wadah untuk mengembangkan bakatnya dan terus gali potensi yang dimilikinya. Karena anak-anak saat ini akan menjadi generasi berikutnya. "Imbuh Anis 

Di kesempatan yang sama, Abbas, Kepala Desa Suco Lor,  berharap kedepannya Desa Suco Lor dan Dinas Sosial  terus bersinergi. Mengingat tahun 2024 banyak kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan, seperti Posyandu Remaja yang akan dilaksanakan menjadi satu POS dengan Posyandu Balita dan Lansia. 

"Upaya penyusunan PerDes ini tiada lain tujuan untuk menciptakan generasi muda yang handal dan lebih baik. Oleh karenanya kami akan terus mensuport apa yang menjadi kegiatan-kegiatan FAD terutama di bidang sosial."kata Abbas

Mita Oktavia, salah satu Bidan Desa yang ikut hadir juga menaruh harapan besar terhadap PerDes dan komunitas FAD yang sudah lumayan lama berdiri ini.

"Harapan saya mewakili teman-teman petugas kesehatan Desa, FAD dapat bersinergi dan mensosialisasikan kepada anak-anak hak dan kewajiban mereka dalam bermasyarakat dan dalam keluarga, sehingga mampu meningkatkan kualitas remaja maupun orang tua."ucap mita.*

Tim